MAN JADDA WA JADA Sebuah kalimat yang pernah mengiang ngiah di telinga saya dan sampai saat ini, ya kalimat berbahasa Arab ini bermakna ringkas tapi tegas yang bermakna ‘Siapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan berhasil’. Sebuah mutiara kata yang sangat sederhana namun sangat kuat yang terus menjadi spirit untuk saya sampai dengan saat ini. Semua bisnis kita apapun itu baik bisnis online atau bisnis offline, tanpa usaha yang sungguh sungguh bukannya hanya akan merajut kegagalan dan kekecewaan.

Bukan hal pasti tapi bahwa kegagalan itu bukan berarti mati, ingatlah bukan gagalnya yang penting tapi, apakah sudah berusaha sungguh sungguh itu pertanyaan dasarnya. Kegagalan adalah sebuah awal dari kesuksesan itu sendiri, bagaimana Anda akan tahu kalau sukses jika tidak tahu apa itu gagal.

Man jadda wa jada untuk saya pribadi adalah sebuah ungkapan pesan singkat untuk lebih instropeksi diri, atas usaha yang sudah saya lakukan dan hal inipun saya rasa juga berlaku untuk Anda. Dan tentu Anda para pembaca punya pengalaman pribadi dalam meraih sukses setelah bersungguh-sungguh dan kerja keras. Dan saya rasa makna sukses di sini bisa dalam arti luas, bisa sebuah keberhasilan dalam melakukan sesuatu, lulus ujian, dapat kerja, mendapat pasangan hidup, sukses karir, sampai sukses spritual ataupun sukses dalam berbisnis.

Man Jadda Wa Jada, ungkapan ini mungkin sudah sering Anda dengar dalam kehidupan ini. Sepatah kalimat, bisa saya bilang mantra sakti yang memiliki makna sangat kuat dan mampu memberikan semangat dan stimulasi yang luar biasa dalam kehidupan ini. ‘Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil’. Tapi di balik itu semua apakah penting tulisan ini, sama sekali tidak penting jika Anda hanya membaca dan tidak tergerak untuk melakukan usaha yang sungguh sungguh.

Man Jadda Wa Jada, cobalah renungkan Sebuah ketetapan dari-Nya, yang mengisyaratkan kepada umatnya khususnya manusia bahwa ‘Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum selama kaum tersebut tidak berusaha merubahnya sendiri’. So bagaimankah dengan Anda

Man Jadda Wa Jada, Siapa yang bersungguh-sungguh, dia akan berhasil… Berdzikirlah, Berfikirlah dan jangan lupa untuk Berikhtiar yang sungguh sungguh, sisanya pasrahkan kepada-Nya.