#Menata Ulang cita-cita

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tentang Motivasi Islam. Sobat Muda…tidak dapat dipungkiri lagi bahwasannya semua orang ingin melakukan perubahan diri dalam hidupnya. Untuk melakukan perubahan tersebut, sudah barang tentu kita harus banyak melakukan evaluasi atau intropeksi diri, siapapun yang ingin semakin baik dalam hidupnya membutuhkan ” cermin ” untuk melihat apa yang kurang pada diri kita. Hal terpenting yang harus kita perhatikan adalah kita harus berbuat sesuatu, sesudah mengetahui apa yang kurang dari diri kita.

Tugas kita sekarang adalah membuat pola agar kita mampu melihat kekurangan diri kita. Oleh karena itu, yang perlu ditata ulang adalah karakter kita. Dari sekian karakter buruk yang potensial didalam diri kita diantaranya berpikir sempit dan kurangnya ilmu.

Pernah ada seorang ahli meneliti sekian ribu orang yang telah berhasil. Ciri-ciri orang yang sukses itu memiliki dua sisi. Pertama, memiliki visi yang jelas untuk ditempuhnya. Kedua, sanggup berkorban untuk meraih apa yang dijadikan visi dalam hidupnya. Kita membutuhkan kemampuan untuk mengubah diri, inilah yang sangat penting untuk kita perhatikan saat ini. Dengan demikian, kita akan mampu mendobrak penghalang yang ada dalam tubuh kita. Kira-kira penyakit apa yang tersembunyi di dalam diri ini sehingga sampai seusia begini kita belum mampu berbuat banyak ? Sementara orang lain yang seusia kita banyak yang meraih sukses yang tinggi.

Ada yang salah dalam diri kita. Ternyata, ada yang harus kita tata ulang dalam diri kita yaitu karakter. Dari sekian karakter buruk yang potensial ada dalam diri kita adalah berpikiran sempit dan kurangnya wawasan. Seorang ahli yang pernah meneliti sekian ribu orang yang telah meraih sukses, mengatakan bahwa kesusksesannya karena mereka dua sebab. Pertama, memiliki visi yang jelas dalam hidupnya. Kedua, sanggup berkorban untuk meraih apa yang dijadikan visi dalam hidupnya.

Selain itu, diperlukan semangat menuntut ilmu, menambah wawasan dan pengalaman. Luangkan waktu, anggaran dan tenaga khusus untuk meningkatkan dan menambah ilmu, sehingga wawasan bertambah, dan pengetahuan kita semakin dalam. Hal tersebut diatas akan memperbaiki kualitas kita dalam berbicara, menambah kearifan dalam memutuskan, dan bijak dalam bertindak. Bila dalam beraktifitas kita menjunjung tinggi semangat tersebut, menyebabkan matangnya dalam merencanakan dan menyiapkan sesuatu yang akan dilakukannya dengan penuh tanggungjawab. Lingkungan yang semangat menyebabkan etos kerja kita produktif, sehingga akan mewujudkan tujuan yang telah kita rencanakan. Tapi jangan lupa bahwa pekerjaan yang kita lakukan harus dilandasi dengan ikhlas karena Allah semata.

Tampaknya kita memang harus mengkaji dan menata ulang cita-cita yang pernah kita goreskan dalam lubuk hati. Hendaknya kita mulai meningkatkan kualitas cita-cita, sehingga kita tidak hanya sekedar berkutat untuk kesuksesan dunia belaka. Hendaknya kita kita juga mempunyai tujuan jangka panjang yang menjadi sebuah impian manusia agar mendapatkan kesuksesan di akhirat pula.

Referensi : Kumpulan Tausiyah AaGym