Palang merah adalah lembaga yang bekerja dibidang jasa, bagaimanapun juga PMI memiliki peranan yang sangat penting, penyediaan darah untuk membantu sesama yang membutuhkan. darah yang difungsikan tanpa memperhatikan ras,kedudukan,kulit dan juga agama. PMI selalu berusaha untuk menyuplai ketersediaan darah dan selalu berupaya untuk menghimbau warga masyarakat untuk peduli terhadap sesama dengan cara menyumbangkan darah mereka sebagai wujud kepedulian terhadap sesama.

Bagaimanapun juga kegiatan donor darah sangat berfungsi dan bermanfaat disamping dapat meningkatkan tenggang rasa terhadap sesama, donor darah juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita. kegiatan sumbang darah adalah kegiatan yang meningkatkat dari segi moral dan etika dan bersifat suka rela peduli terhadap sesama. ada beberapa manfaat yang sangat menguntungkan bagi pendonor.
1. pertama adalah kesehatan pendonor pada jantung, disamping membantu sesama kegiatan donor darah juga mampu menjaga jantung anda dari sakit. tingginya kadar zat besi dalam darah akan mengakibatkan seseorang akan rentan terhadap penyakit jantung. kelebihan zat besi dalam darah juga bisa menyebabkan oksidasi kolesterol, anda dapat membayangkan bagaimana jika jantung anda mengalami masalah tentu itu akan sangat merugikan anda. tapi jika anda rajin mendonorkan darah maka zat besi yang ada dalam darah akan stabil,ini berarti donor darah bisa menurunkan resiko penyakit jantung.

2.donor darah membantu meningkatkan produksi sel darah merah, sungguh luar biasa manfaat yang dihasilkan jika anda melakukan donor darah, karena sel darah merah anda akan berkurang dan anda tak perlu kwatir karena dengan segara tubuh anda akan menghasilkan sel darah merah yang baru yang akan diproduksi dari sumsum tulang belakang, oleh karena itu kita akan mendapatkan darah segar alias darah baru pada tubuh kita, hal ini akan sangat bermanfaat karena setelah kita mendonorkan darah maka akan ada darah baru yang dihasilkan dari tubuh kita.
Sumber: http://id.shvoong.com

Syarat Donor Darah (yang tertera di vitamin penambah darah) :
1. Berbadan sehat
2. Berusia 17-65 tahun
3. Berat badan > 45 kg
4. Tidak sedang menderita penyakit
5. Wanita : tidak sedang hamil dan menyusui
6. Jarak waktu donor darah min 3 bulan

Ada syarat tambahan yang tidak tertulis dan kita harus tahu
1. Kandungan hemoglobin dalam darah > 12,5 (CMIIW)
2. Spesial buat wanita, tidak sedang haid dan jarak setelah haid dengan waktu donor darah sebaiknya 1 minggu.

Tips dan Trik buat yang mau donor darah
– Pastikan perut terisi sebelum donor (sarapan dulu)
– Malam hari sebelum donor, tidur cukup
– Buat yang tekanan darah agak rendah,olahraga ringan sebelum donor. Tekanan darah normal 120/80. Tekanan darah 100-110 / 70-80 biasanya masi diperbolehkan donor. (Secara aku juga dianugerahi tekanan darah agak rendah😀 )
– Rileks aja waktu jarum suntik uda mau masuk

Spesial Tips buat yang DONOR PERDANA
>>Kalo belum pernah donor, biasanya setelah donor agak pusing. Bahkan bisa jadi pingsan. Kalo terasa pusing pada waktu donor (darah masih mengalir), segera bilang ke petugas. Setelah donor dipaksakan istirahat sebentar di tempat donor. Jangan berjalan dulu. Duduk secara perlahan.

Buat yang takut jarum
>> Ga usah ngeliat seberapa besar lubang jarumnya. Percaya deh, ga sakit kok

Tips tambahan
– Baca basmallah dan niatkan untuk Allah serta sebagai sarana agar bermanfaat untuk orang lain
– Rasakan nikmat yang Allah berikan ketika darah mengalir
– Berbahagialah menjadi orang yang dapat donor darah karena itu pertanda bahwa kita diberi nikmat SEHAT

semoga bermanfaat.🙂 “Dan berbahagialah orang-orang yang diberi kesempatan untuk donor darah”
sumber:aryu.wordpress.com