Tips membeli motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit utama dari sistem unit. Anda dapat mengatakan bahwa Motherboard adalah papan sirkuit master di komputer. Seringkali kita tidak menyadari bahwa untuk membeli motherboard ternyata sangat membingungkan.

Ada banyak faktor penting yang perlu diperhatikan ketika melihat sebuah motherboard. Motherboard PC tersebut mempunyai dua atau lebih slot ekspansi yang digunakan untuk menambahkan komponen baru ke komputer. Chip memori juga sudah harus ditambahkan ke dalam slot ekspansi untuk memperluas ukuran memori. Serta opsi-opsi penting lain yang diberikan pada setiap motherboard misalnya:

Accelerator : ini digunakan untuk meningkatkan kecepatan prosesor.

I / O : Hal ini digunakan untuk menghubungkan input / output devices seperti printer, mouse dan keyboard.

Game : ini digunakan untuk menghubungkan joystick.

Disk Controller : ini digunakan untuk menghubungkan disk dan CD drive.

Modem : ini digunakan untuk menghubungkan komputer lain melalui saluran telepon atau saluran telepon kabel.

TV Tuner : ini digunakan untuk melihat saluran televisi di monitor komputer.

Jadi, perhatikanlah tiap-tiap opsi tambahan yang mungkin saja anda butuhkan. Semakin banyak fasilitas tambahan, tentunya akan semakin mahal pula harganya. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan anda dan menentukan apakah memilih motherboard yang banyak menyediakan fasilitas tambahan atau bahkan yang kurang akan fasilitas.

Sebagai contoh :

Jika motherboard anda cuma punya 1 socket USB dan terletak di bagian belakang PC, ini pasti sangat merepotkan jika anda sering menggunakan flashdisk.

Atau Motherboard tersebut tidak mendukung fasilitas untuk komunikasi dengan hard disk SATA, jika demikian anda mungkin akan merasa kesulitan dalam memilih tipe hard disk nantinya. Oleh sebab itu pertimbangkan juga tiap-tiap komponen / hardware yang mungkin anda gunakan nanti.