Ada beberapa cara praktis memperkecil peregangan pada punggung untuk mencegah terjadinya nyeri punggung. – Posisi duduk yang benar. Diusahakan agar punggung tetap lurus dan hindarkan meringkuk. Memakai kursi yang bersandaran tegak dan keras agar bisa menopang tulang punggung. Sebaiknya letakkan telapak kaki anda di lantai dengan lutut terlipat dengan sudut yang tepat. – Sikap tubuh. Sikap berdiri yang tepat untuk menghindari peregangan pada punggung adalah meluruskan kepala, tubuh dan kaki dalam satu garis. – Berbaring. Tidurlah di kasur yang kaku atau letakkan papan dibalik kasur anda. Gunakan bantal untuk meluruskan kepala. Cara ini dapat mencegah agar tulang punggung tidak bengkok secara tidak sehat. – Mengangkat barang. Jika anda akan memindahkan barang berat, dekati barang itu sedekat mungkin. Jagalah agar punggung tetap lurus dan bengkokkan lutut anda, agar otot kaki yang meregang, bukan otot punggung yang lebih lemah dari otot kaki. Bila anda mengalami nyeri punggung akibat peregangan ringan atau yang tidak jelas penyebabnya, cobalah cara dibawah ini : · Minumlah aspirin cair atau paracetamol sesuai dosis. · Berbaringlah terlentang (senyaman mungkin di matras keras selama nyeri berlangsung). · Untuk meredakan nyerinya, letakkan botol air panas terbungkus handuk pada punggung anda.