Tips membeli Harddisk
Sebagian besar program aplikasi dan sistem operasi membutuhkan hard disk untuk instalasi dan operasi. Saat membeli sebuah hard disk drive, sesuaikan dengan kebutuhan anda perhatikan opsi-opsi yang mungkin dibutuhkan dan tidak dibutuhkan.

Hal ini juga terdapat pada interface hard disk untuk dapat digunakan berkomunikasi dengan komputer. Ada banyak jenis interface / antarmuka dari hard disk yang tersedia di pasaran. ‘yang jelas bukan pasar malem, pasar hewan, pasar sayur’

Jenis-jenis hard disk tersebut yaitu IDE / ATA, SATA, SCSI, External hard drive. Oleh karena itu tentukan terlebih dahulu apakah anda akan menggunakan internal atau eksternal hard drive yang akan dipasang pada komputer.

1. IDE / ATA
Jenis hard disk ini kompatibel dengan komputer IBM, dan sangat mudah untuk menginstalnya di komputer. Setiap komputer IBM memiliki ketersediaan maksimum empat perangkat IDE, misalnya IDE hard disk, CD drive dan DVD drive.

2. SATA / Serial ATA
SATA merupakan inovasi terbaru dalam perkembangan teknologi hard disk. Berbagai macam paket PC saat ini sudah banyak menggunakan hard disk ini. Kabel konektor untuk komunikasi data yang diaplikasikan pada hard disk ini pun sudah disederhanakan. Teknologi motherboard saat ini juga sudah menyertakan fasilitas untuk menghubungkannya dengan hard disk ini.

3. SCSI
SCSI antarmuka yang umumnya merupakan solusi yang lebih baik dan lebih cepat bila dibandingkan dengan IDE / ATA, tetapi solusi ini hanya terbaik bagi mesin tingkat server. Untuk menginstal sebuah SCSI hard disk anda harus memiliki kartu SCSI dan koneksi yang tersedia pada kabel SCSI tersambung ke kartu SCSI.

4. Hard disk eksternal
Ada banyak solusi yang tersedia yaitu USB Hard disk drive, Fire wire Hard disk drive dan Paralel Hard disk drive. Keuntungan utama dengan harddisk eksternal, yaitu anda dapat membawanya kemana-mana dengan sangat mudah. Kebanyakan hard disk eksternal digunakan untuk data cadangan dan mengubah lokasi data fisik.

Pertimbangan lain

Kecepatan:
Kecepatan hard disk memainkan peranan penting dan berpengaruh pada kecepatan komputer. Kecepatan hard disk sangat tinggi bila dibandingkan dengan perangkat penyimpanan lainnya. Seperti 5-15 MBps. Piring-piring hard disk tersebut berputar 3000 sampai 10.000 revolusi per menit.

Garansi:
Berapa lama garansi yang ditawarkan. Penting lho, ntar kalo kenapa-napa gimana !!

Kesimpulannya jika anda adalah pengguna komputer untuk digunakan sendiri, anda dapat memilih hard disk dengan tipe ATA ataupun yang terbaru yaitu SATA. Jika anda akan menggunakannya sebagai server, gunakan tipe SCSI. Dan jika anda mempunyai banyak computer (mungkin aja) tapi cuma pakai sebuah hard disk, gunakan aja yang eksternal.
semoga bermanfaat. salam…

BY.Davi Dep