Ada beberapa pertimbangan pada saat membeli Flat Panel monitor (LCD Monitor). Flat Panel adalah teknologi yang relatif baru jika dibandingkan dengan monitor CRT atau monitor tabung.

Flat Panel / LCD disebut juga monitor LCD. Monitor panel datar memakan sedikit ruang alias praktis dan juga mengkonsumsi daya yang lebih kecil. Monitor panel datar tersedia dengan berbagai ukuran seperti 15, 17, 18, 20, 21, dan 23 inci. Monitor panel datar pada umumnya digunakan pada perangkat mobile seperti laptop dan meja PC. Demikian pula, hand phone, PDA, dan lain-lain.

Ada dua kategori utama LCD untuk diketahui apakah Anda ingin Active Matrix LCD atau Passive Matrix LCD.

Active Matrix LCD :

Active Matrix LCD menggunakan transistor untuk setiap sel kristal cair atau pixel dan dengan demikian akan menampilkan gambar berkualitas tinggi. Active Matrix LCD juga dikenal Thin Film Transistor (TFT) display. Generasi baru TFT disebut LED organik yang menampilkan gambar lebih terang daripada layar TFT standar. LED organik menggunakan molekul organik untuk menghasilkan output pada layar.

Passive Matrix LCD :

Passive Matrix LCD menggunakan lebih sedikit transistor dan memerlukan lebih sedikit tenaga daripada LCD matriks aktif. Warna pada Matrix LCD pasif kurang terang bila dibandingkan dengan LCD matriks aktif.

Resolusi

Kualitas layar LCD tergantung pada resolusi, yang umumnya sebanding dengan ukuran layar.

15 “monitor panel datar biasanya memiliki resolusi 800 x 600 / 1.024 x 768

17 “monitor panel datar biasanya memiliki resolusi 1.280 x 1.024

19 “monitor panel datar biasanya memiliki resolusi 1.280 x 1024

21 “monitor panel datar biasanya memiliki resolusi 1.600 x 1.200.

Apabila anda hendak membeli monitor bekas, mintalah untuk dicoba terlebih dahulu dan perhatikan pada layar ketika sedang booting ( ketika gelap sesaat ) apakah terdapat noda / titik pixel yang rusak atau tidak. Kemudian setelah masuk pada desktop windows cobalah menggunakan background polos dan perhatikan layar apakah terdapat flek atau tidak.

Sekali lagi anda tinjau dan carilah informasi yang tepat dan terpercaya ketika anda akan membeli monitor LCD, dan pastikan bahwa sumber yang anda rencanakan untuk membeli monitor adalah sumber yang memiliki reputasi baik.