1. Perubahan hormon dalam tubuh, misal menstruasi, hamil, menopause atau penggunaan alat kontrasepsi internal

2. Perubahan jam biologis, misal kurang tidur, tidur terlalu lama, telat atau bahkan lupa makan, atau terlalu lelah (terlalu cape beraktifitas seharian)

3. Cuaca, ada beberapa orang yang mempunyai gen sensitif terhadap cuaca, perubahan suhu beberapa derajat saja bisa menyebabkan orang tersebut mengalami gangguan fungsi tubuh seperti migrain atau flu. Selain itu berjalan ditengah angin kencang juga dapat menimbulkan migrain

4. Makanan yang mengandung tyramin seperti keju yang umurnya tua. Selain itu makanan seperti coklat, pisang dan makanan berMSG atau asam juga dapat menimbulkan migrain pada beberapa orang yang sensitif.

5. Lingkungan, asap rokok dan bau menyengat dapat menyebabkan migrain terhadap beberapa orang.

Sebelum mengkonsumsi obat2an atau terapi untuk migrain lebih baik pergi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah kamu betul terkena migrain atau cuma sakit kepala berat saja.

Kalau memang migrain mintalah ke dokter resepnya, atau kamu juga bisa membeli obat untuk migrain seperti beberapa obat migrain yang sering muncul iklannya di TV, atau ke apotik minta obat migrain yang mengandung Triptan (triptan terbukti paling efektif untuk migrain), tapi ada beberapa orang yang tidak kuat terhadap triptan, kalau kamu tidak kuat boleh minta obat Migranal (dihydroergotamine mesylate) tapi hati2 yah ini bukan obat untuk sembarang diminum, dan hanya boleh diminum ketika serangan migrain saja, karena bisa mempengaruhi tekanan darah kamu.