Pigmen pada kulit atau wajah sering menimbulkan’ masalah estetik. Banyak cara untuk menghilangkan pigmen pada kulit, tetapi umumnya menimbulkan bekas luka pada kulit. Laser Q-Switched akan menghilangkan pigmen pada kulit, tanpa merusak jaringan kulit lainnya, sehingga bekas luka yang terjadi sangat minimal.

APA INDIKASI LASER ?
Laser dapat menghilangkan pigmen pada kulit, balk pigmen yang sudah didapat sejak lahir (bercakbercak coklat Cafe-au-lait, Nevus Ota), ‘ pigmen karena sinar matahari (bercak-bercak coklat hitam di pipi) maupun pigmen yang ditanam dari luar (taco tubuh, alis, dsb).

BAGAIMANA CARA BEKERJANYA ?
Laser menggunakan mekanisme pertahanan tubuh sendiri untuk menghilangkan pigmen. Pigmen pada kulit, terbungkus oleh jaringan kolagen, sehingga tulit dihilangkan (gambar 1). Laser mehggunakan tenaga laser uptuk menghancurkan kapsul kolagen, sehingga pigmen hancur menjadi butiran-butiran kecil. Selanjutnya mekanisme pertahanan tubuh akan menyingkirkan butiranbutiran pigmen tersebut, secara bertahap (lihat gambar). Oleh karena itu perlu tenggang waktu 4 minggu untuk melanjutkan pengobatan perioda berikutnya.

BERAPA LAMA PENGOBATAN ?
Lama pengohatan bergantung pada ukuran, ketebalan (density), dan lokasi pigmen, biasanya setiap kali pengohatan memakan waktu 10 – 30 menit.

APA YANG TERJADI PADA WAKTU PENGOBATAN ?
Walaupun pengobatan laser tidak menyebabkan rasa nyeri (pulsa laser terasa sehagai sentilan karet pada permukaan kulit), namun anda dapat diberikan anestesi (penibiusan) lokal bilamana diperlukan.

APAKAH ADA LUKA PADA KULIT ?
Keuntungan menggunakan laser ini adalah, tidak’ada luka ataupun luka bakar pada kulit. Tenaga laser langsung menghancurkan pigmen pada dermis tanpa menghancurkan epidermis yang dilewatinya (lihat gambar)

APAKAH LASER AKAN MENGHILANGKAN PIGMEN SECARA SEMPURNA ?
Hal ini bergantung pada banyak faktor. Pada tato, bilamana berwarna-warni, ada beberapa pigmen warna (misalnya kuning, merah dan sebagian hijau) yang lebih sulit dihilangkan. Tato yang tebal dan gelap (biasanya pekerjaan penato profesional), memerlukan lehih banyak perioda pengobatan untuk menghilangkannya secara lengkap. Kelainan kulit berpigmen yang bukan tato, memerlukan perioda pengobatan yang lebih singkat (sekitar 2 – 4 kali pengobatan).

BERAPA BIAYANYA ?
Biava total bergantung pada jumlah pulsa laser yang anda dapatkan, dan perioda pengobatan. Tentu saja bergantung juga pada luas pigmen yang ingin dihilangkan dan lokasi.

APAKAH ADA PILIHAN LAIN ?
Ya, tetapi saat ini tidak ada sebaik dan paling tidak nyeri, selain cara laser Laser menggunakan cara yang aman dan unik. Dibanding dengan cara bedah seperti transplantasi kulit, cara laser tidak merusak ataupun membakar kulit, sehingga bekas yang ditimbulkan juga tidak ada.

APA EFEK SAMPING LASER ?
Laser sebagai penghilang pigmen sudah digunakan sejak 10 tahun yang lalu, dan telah melewati segala tes keamanan untuk digunakan pada manusia. Untuk pertama kalinya cara ini tersedia di Indonesia. Efek samping yang mungkin timbul adalah hipopigmentasi (kulit berwarna lebih terang dari sekitarnya), atau hiperpigmentasi (sangat jarang terjadi)